Jumat, 12 September 2008

Bersiagalah Dengan ‘Kompetisi’ di Asrama

04/01/08

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

(Al Mulk:2)

Beberapa hari ini Allah memberikan kesempatan yang sangat berharga pada saya untuk merenungkan kembali ayat-ayatnya, yang mungkin selama ini hanya ‘terbaca’ dan terserap sampai kerongkongan saja atau mungkin hanya ‘berisi’ lantunan-lantunan ayat yang di kejar-kejar deadline evaluasi mingguan. Ya Allah menyampaikan saya pada ayat ini. Sebuah ayat yang memberi inspirasi. “supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya” Beberapa kata dalam ayat ini membuka mata saya tentang sebuah ‘kompetisi’ atau lebih tepatnya perlombaan yang terjadi demikian sengitnya diasrama kita tercinta. Pada detik yang sama ketika saya menulis atau sahabat membaca tulisan ini saya yakin di sudut asrama sana ada sahabat-sahabat kita yang sedang berkutat dengan buku-bukunya, atau sedang membincang ayat-ayat Allah atau sedang melakukan berbagai persiapan lainnya untuk menyambut kompetisi mendesain sesuatu diujung kehidupan dan kehidupan setelah kematian. Coba perhatikan teman sekamar kita, perhatikan dengan seksama kebaikan apa saja yang telah dia lakukan,coba lihat dan amati berapa lama ia tidur, coba teliti bagaimana cerdasnya ia bekerja, coba amati semua ini dan yakinkanlah pada diri bahwa semua sedang berkompetisi menghadapi ujian Allah dengan amal-amal terbaik, semua sedang mempersiapkan diri untuk bertemu dengan yang Maha Indah. Coba amati ketika kita tidur, apakah sahabat kita sedang lelap tertidur?,ataukah malah sedang khusuk menyiapkan keilmuannya lalu, ketika kita bangun apakah beliau sedang tidur atau rupanya beliau sedang asyiknya bersama Allah. Coba amati…coba amati semua ini, ada begitu banyak motivasi diarea ini, ada banyak motivasi perbaikan diri yang terbingkai dalam aura kompetisi dihadapan Allah. Semua ingin menghadap Allah dengan amal-amal terbaik. Setelah itu mari kita hitung seberapa jauh kita tertinggal dalam perlombaan ini. Perlombaan yang berhadiah surga dengan bidadari bermata jelita yang tidak pernah disentuh sebelumnya, atau hadiah tertinggi adalah melihat yang Maha Indah lagi menciptakan keindahan. Mari kita buka mata,telinga dan hati lebar-lebar, bahwa diasrama atau diluar sana banyak sekali manusia sedang mengukir tinta emas dengan prestasi-prestasi yang luar biasa yang hanya berharap pada satu tujuan yaitu bertemu dengannya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(Al hasyr :18)

Tidak ada komentar: